Article
Friday, 24 Dec 2021 at 01:42 PM
Ade Imba
3227x
Hal Penting tentang Admin Logistik

Admin logistik berperan mengurus administrasi sebuah perusahaan. Bisa dibilang admin logistik ini berperan untuk mengelola barang seperti, pengadaan, penyimpanan, dan pemeliharaan. “Seperti Apa Idealnya Tugas Seorang Admin Logistik?”. Pertanyaan tersebut terkadang terlintas di benak Kita, khususnya bagi pencari kerja. Berikut Kami jabarkan Tugas Admin Logistik mengutip dari workmate.

Melakukan pengadaan dan pemrosesan barang. Seorang admin logistik memiliki tugas pengadaan barang, termasuk melakukan pemrosesan pemesanan barang yang akan siap kirim. Detail pekerjaan lainnya harus memahami arus rantai pasokan barang, aset dan juga sistem pengiriman. Karena proses pengiriman ini memiliki sistem dan log pengiriman yang harus diisi oleh admin.

Mengoperasikan perangkat lunak perlogistikan dan monitoring. Tugas admin logistik yang cukup penting dan menjadi inti pekerjaan mereka adalah melakukan pencatatan. Pencatatan yang dilakukan biasanya menggunakan software ERP ataupun administrasi lainya. beberapa dokumen yang harus dikelola adalah seperti pengambilan data penerimaan barang (GRN), dokumen pendistribusian, collection, serta filling.

Seorang admin logistik harus mampu mengoprasikan perangkat lunak pengiriman, agar bisa melakukan pelacakan sistem pengiriman. Agar tepat waktu dan memastikan tidak ada kendala pengiriman. Serta menjaga komunikasi dengan kurir, agar tidak miss dalam pengiriman dan mengefektifkan pengiriman.

Melakukan perbaruan catatan persediaan dan lokasi barang. Seorang admin logistik harus senantiasa update dengan catatan stok barang. Karenanya, catatan yang dibuat harus sesuai dengan barang yang masuk dan keluar. Dalam waktu tertentu, biasanya perusahaan melakukan penyesuaian cek fisik atau biasa dinamakan stock opname.

Membuat laporan administrasi. Seorang admin bertugas untuk memastikan bahwa gudang bisa menampung barang datang dan penataannya sesuai kategori barang. Peletakan barang, dan memastikan muat atau tidaknya sehingga bisa melakukan analisa ketersediaan barang cukup antara pemesanan dan ruang yang tersedia.

Melakukan koordinasi dengan staf internal dan berkomunikasi dengan vendor. Tugas admin logistik juga melakukan proses kordinasi perihal pengiriman dan sistem pemesanan stok, mengkomunikasikan terkait jadwal dan sistem pengiriman, atau menghadapi persoalan negosiasi waktu harga pada vendor. Jadi, selain kordinasi dengan staff gudang, atau kurir admin juga bertugas memastikan tiap transaksi lancar dengan para vendor.

Mengecek Surat dan Transaksi yang Masuk-Keluar Gudang. Di sini, admin logistik juga melakukan pengiriman tagihan dan melakukan pengecekan permintaan.

@cced_unila @official_unila #Partner for the Bright Future Career #Bersinergi dan Berinovasi demi Negeri #UniLa #Universitas Lampung #UniLa Bangga #Aku Cinta UniLa

Ade Imba administrator

KANTOR CCED UNIVERSITAS LAMPUNG

Alamat: Gedung Rektorat Lama Lantai 1, Universitas Lampung
Jl. Profesor Doktor Sumantri Brojonegoro No. 1,
Gedong Meneng, Kec. Rajabasa, Kota Bandar Lampung,
Lampung, Indonesia.
Whastapp: +6285769510880
E-mail: /
© 2022 CCED Universitas Lampung.
Loading...

Web Quality Survey