Studi Penelusuran Alumni (Tracer Study) adalah aktivitas yang sangat dibutuhkan oleh institu­si pendidikan untuk memperoleh infor­masi terkait dengan keberadaan lulusannya. Schomburg (2003)  mengartikan Tracer Study sebagai studi mengenai lulusan lembaga penyelenggara pen­didikan tinggi. Tracer Study juga dapat diartikan sebagai suatu analisa atau penelitian mengenai berbagai informasi penting terkait lulusan insti­tusi pendidikan yang dapat digunakan untuk mengetahui kualitas kemampuan lulusan, mengetahui relevansi pendidikan ting­gi terhadap kebutuhan dunia kerja, dan dapat digunakan sebagai evaluasi pros­es pendidikan secara umum di institusi pendidikan tersebut.

Tracer Study berguna sebagai bahan pertimbangan akreditasi institusi perguruan tinggi maupun program studi, data tracer study sangat diperlu­kan untuk memeroleh umpan balik dari alumni dalam rangka pengemban­gan kurikulum sehingga alumni yang dihasilkan lebih kompetitif di dunia kerja. Adapun manfaat Tracer Study secara umum adalah:
  1. Membantu institusi secara umum untuk membuat kurikulum yang efektif (membuat lulusan bisa optimal berkarya di dunia kerja)
  2. Membantu mengurangi waktu tung­gu lulusan
  3. Meningkatkan kompetensi lulusan
  4. Melacak keberadaan dan karier alumni
  5. Mendapatkan gambaran bidang pekerjaan alumni
  6. Mendapatkan masukan tentang rele­vansi kurikulum dengan tuntutan keah­lian lulusan dalam bidang pekerjaan dan masyarakat
  7. Mendapatkan gambaran hubungan alumni dan almamater
  8. Mengetahui kendala-kendala yang dihadapi lulusan di dunia kerja
  9. Mengetahui kompetensi yang dibu­tuhkan dalam di dunia kerja